Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

CILOK, Makanan Masih Trend di Kaula Muda

Makanan Tradisional Khas Indonesia lainnya yaitu cilok, pada tau dengan makanan satu ini belum? yang orang Bandung atau yang pernah bermain dan jajan di Bandung pasti taulah makanan yang satu. 


Cilok merupakan salah satu makanan Tradisional khas dari Jawa Barat. makanan ini sangat diminati oleh semua kalangan. Bukan karena rasa yang enak, harganya pun sangat terjangkau untuk kelas menengah, sehingga semua kalangan menyekainya. 

Cilok merupakan nama dari singkatan "Aci di Colok", atau dalam bahasa Indonesianya adalah tepung pati yang di ekstrak dari unbi singkkong atau bisa disebut dengan Tapioka juga bisa desebut dengan tepung kanji. Tepung ini sifatnya sama dengan tepung sagu, sehingga keduanya bisa digunakan sebagai pengganti satu sama lainnya.

Cilok yang mempunya ciri khas yang berbentuk bulat dan kenyak keetika dimakan, membuat makanan asal jawa barat ini enak dimakan. cilok ini juga tidak bisa di simpan berhari-hari karena jika dibiarkan berhari-hari maka rasa atau tekstur dari cilok ini akan berubah menjadi tidak enak. selain itu juga, cilok tidak menggunakan bahan pengawet makanan.

Cilok sangat mudah untuk di jumpai di pinggir jalan, penjual cilok biasanya menggunakan gerobak dorong dan juga di pikul, itu penjual 3 taun ke belakang sekarang pedagang sudah beralih menggunakan motor. Menggunakan motor bukan hanya jangkauan saja yang jauh namun perpindahan lebih cepat dan lebih ringan juga.

Pada pedagang biasanya menjajakan jualannya di sekolah, kampus, pasar dan tempat keramaian lainnya. Cilok ini masih ngetrend loh di kalangan anak muda, masih di sangat diminati juga. mudah-mudahan makanan Khas yang satu ini tidak senasib dengan rekan-rekan lainnya yang ada tapi tak ada.

Membuat cilok itu sangat mudah loh, kita dapat membuatnya di rumah. Berikut ini resepnya membuat ciok. 

Pertama kamu harus siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu siapkan tepung terigu dan tepung tapioka tadi. Selain bahan-bahannya kamu juga siapkkan bumbu untuk cilok ini agar rasanya lebih enak, bumbu-bumbunya diantaranya merica,garam, kaldu bubuk, dan bawang putih.

Langakah-langkahnya Sebagai berikut :

  •  Panaskan air. ,masukanlah bumbu-bumbu yang tadi disiapkan.
  •  Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka kedalah satu wadah, kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit ke campuran terigu tersebut sehingga campuran terigu tersebut bisa dibentuk menjadi bulat.
  • Bentuk bulat-bulat sesuai selera kamu, mau besar mau kecil terserah kamu, sesuai selera kamu.
  • Setelah beres dibentuk semua adonan tersebut maka masukanlah ke air yang mendidih, sehingga cilok tadi mengapung atau bisa juga di kukus.
  • Cilok sudah siap disajikan dengan menambahkan bumbu lannya, anda bisa menambahkan saos dan kecap ketika akan memakannya, atau juga bisa menambahkan bumbu kacang.
  • Selamat Menikmati.
Itulah mengenai Cilok (Aci di Colok) salah satu makanan khas indonesia yang masih trend dikalangan kaum muda.

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca postingan ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Saya minta dukungannya untuk perkembangan web ini, kritik dan saran yang membangun dari kamu sekalian yang sekarang saya harapkan. 


Komentar