Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

KUE PANCONG, Makanan Khas Indonesia



Awalnya kita pasti merasa asing mendengar nama kue satu ini, apalagi orang Jawa Barat hamper semua belum tahu kue pancong ini. Di jawa barat rata-rata masyarakat mengenalnya dengan nama kue Bandros, pasti masyarakat bandung atau jawa barat juga langsung mengenalnya jika nama itu bernama bandros. 

Jajanan tradisional yang satu ini sangatlah enak sekali. Kamu bakalan suka, orang tuamu suka, kakakmu suka, dan banyak sekali orang yang suka akan kue ini. Rasa jajanan tradisional dari Indonesia  ini rasanya gurih dan manis. Harga jajanan ini cukup terjangkau oleh uang jajanmu, makanan ini sangatlah murah. Namanya kue pancong. Dari bentuknya kue pancong mirip bulan sabit, atau mirip dengan setengah lingkaran.

Bnetuk setengah lingkaran itu sudah menjadi ciri khas dari makanan tradisional ini, bentuk ii di dapatkan dari cetakan jue pancong ketika di masak,


Bahan utama pembuatan dari kue pancong adalah tepung beras dan kelapa, baik itu dalam bentuk santan kelapa maupun kelapa parut. Di atas kue pancongnya juga bisa ditaburi dengan gula pasir. 
Penjual kue pancong biasanya mereka berkeliling dengan gerobak, kemudian ketika menjajakan kue pancong. Ada pula yang mangkal di pusat keramaian di sekitar kompeks perumahan, di depan pasar, atau di depan kompleks sekolahan.

Jangan terpaku hanya dengan gaya kue pancong tradisional. Kue pancong buatan sendiri pasti lebih enak. Kamu juga dapat berkreasi sendiri untuk menambah rasa kue pancong. Misalnya kamu dapat menambahkan taburan keju atau cokelat di atasnya dan lainnya yang menurut kamu akan enak untuk  ditambahkan.

Jika kamu membeli kue pancong, jangan hanya ada satu rasa yang dapat dibeli. Jika kamu membuat sendiri kue pancong, kamu dapat menambahkan rasa dan juga dapat menambah warna pada kue pancong buatanmu sendiri tersebut sekreatifnya kamu aja. 
Seperti biasanya kita tidak hanya makan saja, disini saya akan memberikan resep dan cara pembuatan kue pancong, 

Jika kamu akan membuat kue pancong sendiri di rumah, kamu harus mempersiapkan cetakannya terlebih dahulu. Cetakan kue pancong dapat kamu peroleh di pasar atau toko perlengkapan kue. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah tepung beras 600 gram, tepung ketan 200 gram, tepung sagu 50 gram, garam secukupnya, dan kelapa muda 3 butir, 1 butir diparut untuk dijadikan santan, 2 kelapa diparut miring. 

Cara membuatnya cukup  mudah di buat, pertama-tama anda harus mencampurkan tepung beras, tepung ketan, dan tepung sagu menjadi satu adonan. Kemudian masukkan kelapa parut dan garam secukupnya, aduk hingga tercampur semua bahan. Tuangkan santan sedikit demi sedikit dalam campuran tepung dan bahan lain, aduk hingga menjadi bubur. Setelah adonan siap, panaskan cetakan kue pancong yang telah diolesi minyak. Tuang adonan dalam cetakan, panggang hingga matang, lalu angkat. Lakukan hingga semua adonan habis. Kue pancong siap kamu nikmati.

Nah itu Kue Pancong makanan khas dari Indonesia, bagaimana penasarn mencobanya dan membuatnya sendiri di rumah. Masak sendiri lebih enak dan lebih puas untuk dinikmati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian, jangan pernah bosan untuk membaca artikel disini. Jangan kupa untuk tinggalkan komentar dan sub blog saya disini. Buka dan baca lagi artikel tentang makanan khas Indonesia di blog ini. Sampai bertemu kembali di artikel yang lainnya yang masih tentang makanan tradisional khas Indonesia.


Komentar