Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

KUE CENIL

Jajanan yang satu ini bentuknya kenyal, ukurannya kecil, dan warna-warni. Jajanan ini dengan mudah dapat ditemukan di banyak daerah wilayah Indonesia, bahkan di kota metropolitan, Jakarta, jajanan ini masih dapat dibeli dengan mudah. Jajanan ini dijual bersamaan dengan grontol jagung dan ketan hitam. Nama jajanan ini adalah cenil. 

Cenil, dari namanya saja sudah dapat diartikan kecil, dan memang begitulah adanya, cenil berukuran kecil. Warna cenil dapat dibuat sesuai dengan selera pembuat, tetapi kebanyakan yang dijual berwarna merah muda, hijau, dan putih. 



Di Jakarta, cenil dijual bersama grontol jagung dan ketan hitam. Ketiga jajanan ini sama-sama dibalut kelapa parut dan ditaburi gula pasir. 

Grontol jagung adalah jagung kering yang direbus hingga matang. Kemudian jagung dicampur dengan kelapa parut dan ditaburi gula pasir. 

Ketan hitam dimasak seperti nasi. Sebelum dimakan ketan hitam dicampur dengan kelapa parut. Cenil, gerontol jagung, dan ketan hitam disajikan dengan kelapa parut dan taburan gula pasir menjadikan rasanya gurih dan manis. 

Penjual cenil berjualan dengan gerobak sepeda dan membunyikan klakson terbuat dari pompa sepeda yang mengeluarkan bunyi “ngok... ngok...”. Suara klakson ini menjadikan ciri khas kedatangan penjual cenil. 

Jika di tempat tinggalmu tidak menemukan orang yang berjualan cenil, kamu dapat membuat cenil di rumah. Caranya mudah, pertama-tama kamu siapkan bahan-bahan seperti tepung sagu 250 gram, nasi lembek atau bubur beras kental satu cangkir, garam secukupnya, gula pasir secukupnya, pewarna merah dan hijau, serta air mendidih. 

Untuk taburannya, kamu dapat menyiapkan kelapa parut yang dikukus dengan selembar daun pandan dan diberi sedikit garam. 
Cara membuatnya, mulailah dengan mencampurkan tepung sagu dan bubur beras, aduk hingga menjadi satu, lalu tuangkan air secukupnya dan buat adonan hingga menjadi mudah dibentuk. Kemudian, bagilah adonan ini menjadi tiga bagian. Satu bagian biarkan berwarna putih, dua bagian lainnya beri pewarna merah dan hijau. Kemudian, pilin-pilin adonan sesuai warnanya. 

Selanjutnya siapkan air dalam panci dan didihkan. Masukkan pilinan adonan dalam air mendidih. Setelah mengapung, angkat. Potong sesuai selera, lalu gulingkan pada kelapa parut yang sudah dikukus. Taburkan gula pasir di atasnya. Kue cenil siap kamu nikmati. 

Mudah bukan cara membuatnya? Cenil, seperti jajanan tradisional lainnya tidak dapat disimpan dalam waktu lama. Jadi, setelah membeli atau membuatnya, sebaiknya langsung dimakan.

Komentar