Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

KUE APE, Kue Khas Indonesia

Mungkin dari teman-teman masih ada yang tahu dengan kue ape. Apa sih kue ape itu? Dan dari mana aja kue ape tersebut.

Kamu harus coba jajanan tradisional dari Indonesia yang satu ini. Bentuknya makanan ini berbentuk  bulat, pinggirannya yang renyah ketika akan dimakan, lalu bagian tengahnya yang empuk dan  teksturnya yang kenyal. Warna kue ini berwarna hijau, tetapi pinggirannya agak berwarna kecokelatan karena ketika dimasak pinggirannya menjadi agak kering dan sedikit agak renyah. Nama kue ini adalah kue ape. 

Ada yang bilang kue ape ini berasal dari Betawi, karena ape berasal dari kata bahasa Betawi ape yang berarti apa. Namun, jika disebut berasal dari Betawi, kue ape bisa dijumpai dan tersebar di banyak tempat di Indonesia dan hamper semua wilayah di Indonesia ada kue ape ini.

Penjual kue ape yang biasanya ada di depan sekolah, di depan pasar tradisional, dan di tempat-tempat keramaian lainnya. Penjual kue ape menjajakan dagangannya dengan gerobak yang ukurannya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Ya klo kecil susah buat nyimpen kuenya. Palingan gerobak yang di siapkan atau dipakai itu sesuai dengan kebutuhsnnya.  

Ciri khas jajanan tradisional ini adalah bahan yang sederhana dan mudah ditemukan di tempat sekitar kita, tetapi tidak tahan lama. Kue ape yang dijajakan oleh penjual kue ape dibuat saat itu dan tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama. Sehingga penjual kue ape membawa tungku atau kompor dan wajan untuk mencetak kue ape. 

Bukan hanya makannya saja, Ayo sekarang kita mencoba membuat kue ape. Pertama  yang harus kamu persiapkan adalah tepung beras 150 gram, tepung terigu 100 gram, baking powder 1 sendok makan, gula pasir 100 gram, garam 1 sendok teh, pasta pandan 1 sendok teh, dan air 250 ml. 

Setelah bahan-bahannya siap langkah selanjutnya kita akan mulai membuatnya. Pertama campurkan dahulu tepung terigu, tepung beras, baking powder, gula pasir, dan garam, lalu aduk hingga tercampur semuanya. Kemudian, tuangkan air sedikit-sedikit sambil terus aduk hingga adonan mengental. Selanjutnya masukan pasta pandan dan aduk hingga merata. Lalu, tutup wadah adonan dan diamkan hingga kurang lebih satu jam. 

Setelah satu jam, aduk kembali adonan. Kemudian panaskan cetakan kue ape atau wajan kecil dan olesi wajan dengan minyak atau mentega menggunakan kuas. 

Tuangkan 1 sendok sayur adonan kue ape, tutup dan masak dengan menggunakan api sedang hingga matang. Kue ape sudah matang jika pinggiran kue sudah terlihat kecokelatan. Setelah matang, angkat kue ape. Cetak adonan hingga habis. Kue ape siap kita nikmati. 

Kue ape mudah dibuat kan? Kamu dapat mempraktikkannya dengan teman-temanmu. Kamu dapat menambahkan taburan meses cokelat, olesan selai buah, atau parutan keju di atas kue ape ketika masih setengah matang. Rasanya pasti enak sekali, kamu harus mencobanya.

Bukan hanya itu saja resep yang disampaikan, juga bisa dengan mengkombinasikan resep yang kamu inginkan yaitu bisa dengan menambahkan rasa yang anda inginkan atau juga bisa dengan mengatur tingkat kematangan kue ape tersebut. 

Kue ape juga bisa dijadikan teman ngopi di ruangan keluarga untuk meluangkan waktu dengan keluarga dan menikmatinya selagi hangat. Juga bisa dimakan dengan teman-teman waktu kita sedang nongkrong Bersama-sama. 

Itu saja yang bisa kami bagikan tentang makanan tradisional dari Indonesia.

Komentar