Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

KERAK TELUR, Makanan Tradisional Khas Indonesia


Lanjut lagi dengan makanan Tradisional khas Indonesia. Makanan kali ini lahir di ibu kota Indonesia, tepatnya dari orang-orang Betawi, mendengar Betawi pasti inget yang Namanya film yang paling bersejarah yaitu Si Doel Anak Betawi. Haha jadi nostalgia sama jaman dulu, pernah nontonkan? Apa kamu masih dalam proses pembuatan.

Hai Bagi kamu yang sedang tinggal atau menetap di Jakarta dan sekitarnya tentu sudah sering mendengarkan jajanan tradisional khas Indonesia yang bernama kerak telur. Kerak telur memang hanya ada di Jakarta. Kerak telur banyaknya dijual pada perayaan perayaan tertentu di kota Jakarta, seperti acara ketika Pekan Raya Jakarta berlangsung. Pada hari-hari biasa kerak telur juga dapat dibeli di tempat-tempat yang ramai dan tempat sedang menggelar hiburan seperti pasar malam.

Sebagai jajanan tradisional khas Indonesia, ketika akan membeli jajanan khas Indonesia ini,  kerak telur memiliki harga yang cukup mahal, jika dibandingkan jajanan tradisional lain. Harga satu kerak telur, mulai dari Rp15.000,00 per buah.

Kerak telur seperti jajanan tradisional lainnya, kerak telur biasanya dibuat langsung ketika pembeli datang. Oleh karenanya, biasanya penjual kerak telur selalu membawa tungku kemanapun dan wajan kecil untuk membuat kerak telur.

Penjual kerak telur menggunakan gerobak yang dipikul, bukan didorong. Akan tetapi, mereka biasanya berjualan di satu tempat saja sehingga penjual tidak harus memikul gerobaknya terus-menerus.
Proses dalam pembuatan kerak telur termasuk pembuatan yang unik, karena tidak semua orang dapat membuat kerak telur. Dalam pembuatan jajanan tradisional khas Indonesia ini diperlukan keahlian khusus dalam pembuatan kerak telur. Adonan yang kurang tepat dapat menyebabkan pembuatan kerak telur gagal. 

Apalagi dalam proses pematangannya,pada proses yang paling sulit yaitu wajan harus dibalik tanpa merusak adonan kerak telur yang menempel pada wajan. Jika  adonan atau campuran kurang tepat, akan menyebabkan kerak telur porak-poranda dan hancur berkeping-keping ketika wajan dibalik dan dipanggang di tungku arang.

Bahan-bahan untuk membuat kerak telur adalah beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering dan ditambah bawang goreng. Kemudian bahan yang disiapkan sebagai taburan adalah kelapa parut sangrai dihaluskan bersama dengan cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir.

Penjual kerak telur juga sudah sampai di Bandung, jadi anda yang tinggal di Bnadung juga dapat mencicipi jajanan ini. Biasanya jajanan ini saya lihat di pinggiran jalan Cimahi dan ada juga di Brigif. Jadi anda yang orang Bandung mau mencicipi Kerak Telur carilah pinngir-pinggir jalan di daerah Cimahi.
Dan juga kerak telur biasanya ada pada event-event khusus yang mengangkat tema makanan khas Indonesia.

Kerak telur yang asalnya asli dari Indonesia dan termasuk makanan khas Indonesia sudah seharusnya kita jaga sama-sama, saya perhatikan dengan perkembangan jaman yang pesat ini makanan trasisional juga mulai di tinggalkan oleh para pemuda penerus bangsa.

Kerak telur juga termasuk makanan yang sehat loh, karena kerak telur tidaklah memakai bahan pengawet makanan. Bukan hanya itu kerak telur juga disajikan pada saat itu juga ketika pembeli datang, penjual tidak menyetok maupun menyimpan dagangannya dengan lama-lama.

Itulah dia makanan tradisional Khas Indonesia yang lahir dari Betawi Ibu Kota Indonesia. Semoga artikel makanan Tradisional khas Indonesia ini bermanfaat bagi reka-rekan sekalian. Saya sebagai penulis mengharapkan kritik dan sarannya sehingga tulisan saya lebih baik dan lebih enak lagi untuk dinikmati.


Komentar