Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

HARUM MANIS

Masih di makanan tradisioanl khas Indonesia dengan rasa manis, makanan ini terbentuk seoerti dari benang-benang yang sangat kecil. Benang yang tersebut kemudian tersusun saling menempel dan kemudian membentuk bulatan yang menempel pada suatu tangkai sebagai tempelan atau temapat harum manis.

Harum manis dan gulali adalah dua jajanan tradisional yang berbahan dasar gula. Gulali telah dibahas di awal. Sekarang kamu akan mengenal lebih dekat tentang harum manis.

Harum manis merupakan jajanan tradisional khas Indonesia yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Saat ini harum manis masih menjadi jajanan tradisional yang disukai oleh semua usia dan kalangan, selain murah harganya juga tekstur makanannya yang halus di mulut.



Harum manis biasanya dijual secara keliling oleh penjual. Akan tetapi, lebih banyak penjual harum manis yang menjual jajanan ini di dekat area sekolah, di tempat keramaian, dan di pasar malam. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa saat ini penjual keliling harum manis mulai langka untuk ditemukan.

Harum manis merupakan jajanan yang tidak awet, sehingga tidak dapat disimpan dalam waktu lama. Penjual harum manis akan membuat harum manis untuk dijual saat itu juga. Harum manis yang telah dibuat juga tidak boleh terkena udara sehingga harus dimasukkan ke dalam plastik yang kedap udara.

Harum manis ada yang menyebut sebagai permen kapas, karena bentuknya seperti kapas. Bahan baku pembuatan harum manis adalah gula pasir. Harum manis dibuat dengan menggunakan mesin khusus yang dimodifikasi. Sehingga pembuatan harum manis ini tidaklah mudah.

Pembuatan harum manis bisa dibuat oleh orang yang pandai saja membuatnya, dan juga orang yang mempunyai alatnya. Singkat cara pembuatannya yaitu dengan memasukan butiran gula ke dalam mesin yang sudah panas, kemudian mesin dengan temperatus panas itu diputar dengan kecepatan tinggi sehinnga kapas-kapas dari mesin itu muncul. Setelah kapas gula itu muncul segeralah tangakai tempat harum manis itu menyambut kampas-kampas gula yang keluar dari mesin tersebut dan kampas gula itu membentuk tumpukan-tumpukan yang tidak beraturan.

Makanan tradisional khas Indonesia ini paling sering dijumpai di pasar malam, di pasar malam jajanan ini jarang sekali atau bahkan sering di temui di pasar malam.

Pasar malam merupakan tempat yang paling rame dikunjungi terutama dikunjungi anak-anak kecil.
Keunikan harum manis juga berada pada ragam warna yang beragam, yang membuat anak-anak tertarik untuk memakannya. Variasi juga yang lebih menarik jika dalam satu harum manis terdiri dari beberapa warna, bisa dua, bisa tiga dan seterusnya.

Itulah jajanan tradisional khas Indonesia, semoga dengan artikel ini teman-teman semakin penasaran dengan jajanan khas Indonesia ini. Mudah-mudahan juga makanan ini tidak lapuk dan di tinggalkan jaman.

Komentar