Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

GULALI, Mkananan Tradisional Khas Indonesia

Bukan hanya makanan yang ada di Indonesia , permenpun atau cemilan awet ini asal Indonesia nama premen ini adalah Gulali. Kalo di luar sana biasanya disebut dengan Lolypop.


Gulali adalah sejenis permen tradisional khas dari Indonesia yang terbuat dari gula yang dipanaskan kemudian dibentuk sesuai keinginan sipenjual ataupun si pembeli agar menarik perhatian. Penjual gulali biasanya membentuk permen gulali berbagai macam bentuk yang menarik, seperti membentuk ikan, bunga, ayam, naga, dan kuda. Waktu kecil dulu Gulali tentu disukai oleh kamu dan teman-temanmu di sekolah, bukan?

Namun seiring dengan kemajuan zaman, dan modifikasi yang lebih menarik dan lebih bagus Gulali masa kini dikenal dengan istilah lolipop. Warna-warna permen lolipop ini biasanya lebih cerah. Tetapi Permen lolipop proses pembuatannya dengan menggunakan cara yang lebih modern.

Gulali masih  dibuat dengan cara tradisional. Karena masih tradisional Permen gulali juga memiliki warna-warna yang terbatas, misalnya merah dan hijau. Keberadaan penjual gulali saat ini mulai langka. Akan tetapi, kamu dapat melihat di depan sekolahmu, mungkin masih ada penjual gulali yang berjualan di dekat sekolahmu. Di Bekasi, masih ada seorang penjual gulali yang berjualan di dekat sekolah di daerah Bekasi.

 Nama penjual gulali itu biasa dipanggil Bang Edi. Bang Edi berjualan gulali sudah lama sekali. Dia biasa berjualan di area dekat sekolah.

Pedagang gulali biasanya berdagang dengan menggunakan gerobak yang di dorong dan ada juga yang menggunakan gerobak yang dipikul. Mereka biasanya berkeliling dan berjualan di tempat-tempat yang banyak anak-anak kecilnya, karena target pasar mereka adalah anak-anak.

Jadi pada orang-orang dewasa yang ingin membeli jajanan tradisional khas Indonesia ini carilah tempat-tempat yang banyaknya anak-anak kecil. Misalnya di depan sekolah, tempat bermain/ taman, dan tempat keramaian laiinnya.

Bahan dasar dari Gulila ini adalah Gula. Cara pembutannyapun cukup sederhana dan gampang untuk di lakukan. Kalian hanya perlu untuk mempersiapkan gula dan air untuk dipanaskan.

Pembuatannya cukup dengan mencampurkan air dengan gula, namun air yang ditambahkan tidaklah terlalu banyak. Selanjutnya kita hanya perlu memanaskannya. Ketika proses melarutkannya, disini juga proses untuk memberikan warna pada gulali. Jika gulali tersebut sudah kenyal itu tandanya gulali sudah siap untuk di bentuk.

Itulah seputar Gulali sebagai makanan khas dari Indonesia yang rasanya manis. Hehe,, masih banyak lagi makanan yang lainnya jadi terus pantengin saja website kami.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian, terus budayakan membaca.

Komentar