Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

GETUK

Getuk adalah jajanan makanan tradisional khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk yang bahan dasarnya terbuat dari singkong yang direbus selanjutnya kemudian ditumbuk, ditambahkan gula, lalu dibentuk sehingga berbentuk persegi atau sesuai kebutuhan, dan untuk disajikannya dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Di daerah asalnya, makanan tradisional khas Indonesia ini, menjadi jajanan yang selalu ada yang gampang ditemui dan biasanya dijual di pasar tradisional dengan jajanan khas lainnya sesuai daerah masing-masing. Di daerah lain, seperti Jakarta dan Jawa Barat, yang banyak dijual secara keliling adalah getuk dengan aneka warna dan bentuk.


Getuk yang mempunyai aneka warna bisasnya paling diminati banyak pelanggan karena warnanya yang memikat dan lucu untuk dimakan.

Kehadiran penjual getuk keliling mempunyai keunikan tersendiri. Penjual getuk keliling menambahkan suara musik cukup kencang dengan memutarkan lagu-lagu dangdut atau campur sari. Dari kejauhan, kamu akan segera tahu jika yang akan lewat adalah penjual getuk. Selain dengan lagu-lagu campur sari dan dangdut penjual keliling juga dengar meneriakan getuk, sehingga para pelanggan atau pembeli mendengar penjual getuk akan datang. Sehingga para pelanggan bersiap untuk membeli.

Nah untuk bahan dasar untuk membuat getuk itu mudah didapat. Jadi, kamu dapat membuat getuk sendiri di rumah bersama keluargamu. Caranya mudah sekali, mari kita mulai membuat makanan tradisional khas Indonesia yang enak ini.

Sebelum membuatnya, hal pertama kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, bahan-bahannya yaitu singkong kukus yang dihaluskan kira-kira 500 gram, santan kental 4 sendok makan, mentega 1 sendok makan, kelapa parut 100 gram, gula pasir 2 sendok makan, pewarna makanan warna merah muda dan hijau muda, serta kelapa parut untuk taburan secukupnya.

Setelah bahannya siap, kamu sekarang sudah dapat mulai membuatnya. Pertama-tama kamu dapat mencampur singkong yang sudah dihaluskan dengan santan kental, mentega, kelapa parut, dan gula pasir. Campuran tersebut selanjutnya diaduk hingga merata. 

Jika kamu ingin tampilan getuk lebih bervariasi menggunakan pewarna, sebaiknya kamu mengikuti tips ini. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian beri warna merah muda, satu bagian lagi beri warna hijau, dan bagian terakhir tidak diberi warna. Getuk siap dibentuk sesuai keinginanmu.
Mudah bukan cara membuat getuk itu? Jajanan tradisional tidak selalu harus kamu beli. Jika bahannya tersedia di rumah, kamu dapat membuatnya sendiri. 

Seperti jajanan tradisional lainnya, selain dari segi warna yang beraneka ragam, getuk juga dapat dibuat dengan aneka rasa dan aneka bentuk. Jika sedang musim durian, kamu dapat mencoba getuk rasa durian dengan cara menambahkan durian ketika membuat getuk. 
Getuk dapat dibentuk seperti bolu gulung cokelat dan kue lapis. Juga bisa dengan kreasi kmu sendiri sesuai dengan selera dan imajinasi anda. Oh iya, getuk juga bisa ditemukan pada saat acara hajatan warga. Kue getuk di acara khusus yang biasanya sebagai makanan sajian buat tamu yang hadir di acara tersebut.

Komentar