Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

BUBUR SUMSUM, Makanan Tradisional Khas Indonesia

Berbicara mengenai makanan khas suatu daerah di Indonesia bagai membicarakan kata-kata di kamus. Begitu banyaknya jenis dan nama makanan yang ada di Indonesia. Makanan khas ini sekarang sangat diminati oleh semua kalangan, semua umur dan semua suka Bubur Sumsum.



Bubur sumsum makanan tradisional khas dari Indonesia tentu sudah pernah kamu temui juga pastinya pernah kamu coba juga. Bubur sumsum disukai oleh siapa saja seperti diceritakan tadi. 
Bubur sumsum terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan kelapa. Ketika akan disajikan bubur sumsum diberi kuah gula merah. Rasanya gurih dan lezat. Ketika masuk mulut rasanya lembut dan terasa rasa dingin yang memberi effeck kesegaran ketika anda hendak menelannya. 

Penjual tradisional biasanya masih setia membungkus bubur sumsum dengan daun pisang. Namun, di kota modern seperti Jakarta, bubur sumsum dikemas dengan menggunakan gelas plastik besar. 

Bubur Sumsum akan mudah ditemui pada saat bulan ramadhon tiba. Karena rasa manis  Bubur sumsum sering dijadikan makanan pembuka pada buka puasa, penjual akan mudah di temui di sepanjang jalan perkotaan pada sebelum waktu buka puasa tiba.

Bubur sumsum dapat dipadukan dengan tambahan ketan hitam, bubur mutiara, dan biji salak (candil). Penjual bubur sumsum akan meracik tambahannya sesuai pesanan pembeli. Akan tetapi, jika kamu mau beli bubur sumsum saja, dapat juga tanpa tambahan lain. 

Bubur sumsum ada yang dijual dengan gerobak, dijual keliling oleh ibu-ibu penjual kue, dan ada juga yang menggunakan sepeda motor. Di Jakarta, penjual bubur sumsum dengan sepeda motor cukup banyak ditemui. 

Candil adalah istilah lain untuk menyebut biji salak. Penjual bubur sumsum biasanya menjadikan candil sebagai paduan yang sesuai untuk dinikmati dengan bubur sumsum. 

Seperti biasa di artikel sebelumnya kita tidak hanya menikmatinya saja kita juga bisa membuatnya. Karena jika kita yang membuatnya sendiri memberikan efek kesenangan dan juga kita bebas untuk memodifikasi sesuai yang kita inginkan.

Seperti yang kita bahas tadi, Kamu dapat mencoba sendiri membuat bubur sumsum di rumah. Untuk membuatnya kamu harus menyiapkan bahan-bahan seperti tepung beras 250 gram, santan 1.500 ml, garam 1/2 sendok teh, dan daun pandan 2 lembar. Untuk kuahnya siapkan gula merah yang sudah disisir 250 gram, gula pasir 100 gram, air 250 ml, dan daun pandan 1 lembar dipotong-potong. 

Setelah bahan-bahan siap, kamu dapat memulai membuat bubur sumsum. Pertama-tama, larutkan tepung beras dan 200 ml santan, aduk hingga rata. Kemudian masak sisa santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Lalu masukkan, larutkan tepung beras, aduk hingga adonan mendidih, setelah matang segera angkat. 

Langkah tambahan lainnya Untuk membuat kuahnya, campurkan semua bahan, masak dan aduk hingga semua bahan larut dan mendidih. Angkat lalu saring. Kuah gula merah disajikan bersama bubur sumsum. 

Ambil satu mangkuk bubur sumsum, tuangkan satu sendok sayur kuah gula merah. Bubur sumsum buatan sendiri siap kamu nikmati.

Itulah makanan Tradisional khas Indonesia selamat mencoba dan menikmati. Dan jangan lupa untuk berkreaasi dengan ide anda terhadap makanan Bubur Sumsum. Pantau terus web kami mengenai makanan tradisional khas Indonesia.

Jangan sungkan untuk memberi dan meninggalkan komentaran, tentunya komentar yang membangun tentunya. Kasih saran dan beri saya pencerahan hehe.. eh klo ada yang mau request sok manga request di kolom komentar. Insyaallah saya bikinkan.

Komentar