Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

AYAM GORENG KRISPY



Yang bosan abaikan ya Bun 😁, karena sering banget saya post namun masih saja banyak yg tanya resep ayam goreng krispy

Walaupun capek tetap hrs masak ( anak anak dan suami lagi pada sakit) anak anak minta di bikin kan ayam goreng krispy ,demi anak biar mau makan dan kl bikin lebih puas menikmatinya
#resep nya Sy salin resep yang kmaren ,karena panjang kl mau ketik ulang 😀

Dari pada beli lebih baik bikin sendiri Bun ayam goreng krispi nya
Dan kali ini saya akan kasih tips buat yang biasa bikin ayam goreng ala ala KFC ,kan kl kita bikin ayam goreng ala ala KFC itu suka banyak sisa tepung nya iya kan
Kalau saya misalnya bikin satu ekor ayam dan tepung terigu 1/2 _1 kilo ,saya bagi jadi tiga bagian
Yang pertama
~sisih kan buat adonan basah secukupnya
Yang kedua
~saya sisihkan lagi buat adonan kering
Dan yang ketiga
~ saya sisihkan buat adonan kering untuk penepungan berikutnya

Supaya tepung terigu nya gak banyak yang bergerindil dan numpuk sisa tepung nya maka saya lakukan hal seperti di atas dan saya ayak sisa tepung yg sdh sedikit tercampur oleh adonan basah Krn proses penepungan tersebut,jadi ketika sdh di ayak,tepung sisa yg kasar basah nya saya jadikan adonan tepung basah dan untuk yg hasil ayakan nya saya gunakan buat penepungan adonan kering ,jadinya gak mubazir tepung Bun

Berhubung Sy sertakan foto ayam goreng ala ala KFC nya maka saya cantumkan resep nya ya Bun ,siapa tau aja ada yg butuh dan yg belum tau

Bahan nya
Daging ayam yg sdh di potong potong di rendam dengan bumbu berikut ini

Lada bubuk secukupnya
Bawang putih bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Susu cair

Aduk daging ayam dan bumbu lalu masukan dalam freezer/ kulkas minimal 1 jam ,biar hasil lbh bgs simpan dlm kulkas minimal 5 jam atau seharian ) semalaman

Setelah itu langsung ke proses berikutnya
Yaitu kita siapakah adonan tepung basah dan kering nya beserta bumbunya
Yaitu
Bahan adonan tepung kering
Tepung terigu
Tepung maizena
Lada bubuk
Garam
Penyedap rasa ayam
Bawang putih bubuk
Bubuk oregano jika ada
Cabe merah bubuk jika suka pedas
Baking powder

Aduk rata jadi satu dan sisihkan

Untuk adonan tepung basah yaitu
Tepung terigu
Tepung maizena
Lada bubuk
Garam
Penyedap rasa
Bawang putih bubuk
Susu cair /jika ada
Aduk semua jadi satu

Setelah itu lakukan proses penepungan pertama ,ambil daging ayam yg sdh di bumbui lalu celupkan ke adonan basah ,lalu gulingkan ke adonan tepung kering sambil di aduk pake kedua tangan atau pake sendok ( pastikan tangan kering ya Bun ),tepuk tepuk ayam yg sdh di tepungin supaya tidak kotor minyak nya ,dan lakukan penepungan 2_3 kali penepungan jika mau tebal lapisan tepung nya ,kalau saya hanya dua kali penepungan aja Bun
Goreng dengan minyak panas ,stlh beberapa saat kecil kan api nya supaya tidak gosong ,goreng sampai matang daaan ayam goreng krispi pun matang deh dan siap di sajikan

Catatan resep untuk
✓1 ekor ayam tepung terigu nya 1 kg, ✓tepung maizena nya 200_250 gr
✓Minyak nya 1 _1 1/2 liter
✓Susu cair nya sekitar 2_5 sendok makan untuk rendaman nya
✓susu cair untuk bahan tepung basah sesuai selera atau secukupnya aja
Kl untuk ukuran bumbu lain nya di sesuaikan dengan selera masing masing aja ,susu cair nya bisa susu bubuk di larutkan dengan air

Selamat mencoba
by Siti Robiah @

Komentar