Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

KUE RANGI, Makanan Tradisional Khas Indonesia


 Makanan Tradisional Khas Indonesia yakni Kue Rangi.

Kue rangi adalah jajanan tradisional Betawi. Bagi kamu yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya pasti masih menjumpai penjual kue rangi. Di daerah selain Jakarta dan sekitarnya mungkin kamu tidak menemukan kue rangi atau dapat juga kue rangi muncul dengan nama lain.


Sama seperti penjual jajanan tradisional lainnya, penjual kue rangi juga membawa cetakan dan tungku untuk membuat kue rangi. Yang unik dari pembuatannya adalah kue rangi dipanggang dengan tungku yang berbahan kayu bakar. Aroma khas dari asap kayu bakar juga  menambah ciri khasnya cita rasa kue rangi itu sendiri.

Apabila ketika kamu melihat cetakan kue rangi yang unik, kamu pasti akan ingat dengan cetakan untuk membentuk makanan tradisional Indonesia yaitu kue pancong. Karena memang cetakan kue rangi dan kue pancong sedikit agak mirip. Bedanya, terlrtak pada cetakan kue rangi lekukannya lebih datar daripada kue pancong.

Bahan dasar dari pembuatan Kue rangi terbuat dari campuran tepung sagu dan kepala parut yang diberi saus gula merah kental. Kue rangi dicetak pada cetakan kue rangi tanpa diberi olesan minyak atau mentega. Hal ini yang menjadikan kue rangi memiliki rasa tambahan yang unik.

Proses pematangan kue rangi bergantung pada selera yang kamu suka. Jika kamu ingin kue rangi yang kering, maka penjual kue rangi akan lebih lama memanggang kue rangi. Jika kamu meminta kue rangi setengah matang (tidak kering), maka penjual kue rangi akan memasak setengah matang saja dan waktu pemanggangan juga sebentar.

Kamu juga bisa menambahkan rasa tambahan atau memberikan sedikit variasi rasa tambahan pada kue rangi, sehingga kue yang kamu inginkan itu sesuai dengan selera kamu. Selain itu memberikan variasi pada makanan tradisional juga bisa memanggil minat para pemuda-pemuda milenial di zaman sekarang ini.

Seiring perkembangan jaman maka dan bermunculannya makanan yang di rasa semakin modern, maka makanan khas kue rangi ini otomatis terlupakan atau kurannya peminat dari kue rangi ini. Oleh karena kurangnya peminat maka kue rangi makanan khas dari Indonesia ini mulai sulit untuk di temukan. Di temukan saja pada acara-acara tertentu.

Padahal jika kita ataupun pemuda pada di era ini makanan ini bisa menjadi peluang besar untuk usaha di bidang makanan. Dengan cara penyajian atau pemberian rasa unik yang dipadukan dengan hiasan modern yang ada pada saat ini tentunya akan memikat atapun menarik para anak milenial sekarang.

Dan tugas kita sekarang adalah dengan berfikir cerdas bagaimana melestarikan kue ini agar tidak hilang dimakan kemajuan zaman. Makanan tradisional seperti inilah yang harus kita kenalkan kepada dunia karena hanya di Indonesialah makanan kue rangi ini ada. Jadi para penikamat makanan jika ingin mencobanya harus datang terlebih dahulu ke Indonesia.

Dari sinilah kita dapat membuka sebuah kesempatan untuk dunia bisnis yang lebih besar peluangnya, yaitu dengan mengenalkan varian makanan tradisional khas Indinesia dari tanah Betawi dengan varian rasa yang baru yang kita variasikan. Bukan hanya memberikan variasi oterhadap jajanan ini.

Kita juga dapat mempertahankan ke tradisionalannya namun membawanya ke kelas yang berbeda yakni membawanya ke meja dengan kelas yang lebih tinggi, misalnya kita menawarkan atau menyediakan jajanan ini di kelas meja yang berbintang 5 dan berkelas internasional. Karena dengan hal tersebut banyaknya WNA yang tidak kenal dengan jajanan tersebut tertarik untuk mencobanya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua sebagai pembaca saya. Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang anda berikan, saya sangat membutuhkannya untuk perkembangan website saya ini. Terima kasih.

Komentar