Featured Post

RESEP MASAKAN SUP AYAM JAHE

KUE KLEPON, Makanan Khas dari Indonesia

Makanan khas dari Indonesia selanjutnya yaitu kue klepon yang Bentuknya bulat, dan warnanya hijau, di dalamnya juga berisi gula dan yang diguling-gulingkan pada kelapa parut yang nantinya kelapa parut tersebut menempel , siapakah dia? Perkenalkan inilah jajanan tradisional selanjutnya yang bernama klepon. 

Klepon itu terbuat terbuat dari tepung beras ketan yang diadoni, kemudian setelah itu bahan tadi dibentuk bulat-bulat kecil, diisi gula merah, kemudian direbus dalam air mendidih. Setelah matang ditiriskan, lalu digelindingkan pada parutan kelapa muda. Klepon si bulat hijau siap disantap. 

Kamu dapat membeli klepon pada penjual kue putu. Biasanya penjual kue putu, akan membawa serta klepon di gerobaknya yang dibawanya. 

Selain itu kue khas dari Indonesia ini Kue Klepon juga dapat kamu jumpai pada penjual jajanan pasar. Di pasar tradisional tepatnya biasanya ada toko khusus yang menjual jajanan tradisional. Nah di penjual makanan tradisional tersebut anda bisa memilih makanan tradisional lainnya. Jika tidak ada penjual kue putu yang lewat dekat rumahmu, kamu dapat membeli klepon di pasar tradisional yang ada di dekat rumahmu. 

Selain dari beras ketan, klepon juga  dapat anda buat dan di kreasikan lagi dari bahan lain seperti ubi ungu, hasilnya menjadi klepon ubi ungu.  

Kue Klepon sebagai makanan khas Indonesia juga dapat dikreasi dengan yang lainnya menjadi banyak warna sesuai keinginan pembuatnya, seperti klepon di bawah ini. Selain gula merah, juga bisa isian klepon juga dapat diganti dengan bahan lain, misalnya cokelat, keju, dan susu.

Nah, disini kita juga bukan hanya untuk makannya saja, saya akan memberikan beberapa resep untuk pembuatan makanan khas Indonesia ini.

Kamu dapat membuat kue klepon yang enak di rumah anda dengan rasa dan warna sesuai kreativitasmu. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah diantaranya tepung ketan 225 gram, air hangat 200 ml, garam ½ sendok teh, air kapur sirih 1 sendok teh, pasta pandan ½ sendok teh, dan gula merah yang sudah disisir halus 75 gram. Untuk taburan, siapkan kelapa parut setengah tua, parut memanjang, campur dengan ¼ sendok teh garam, dan kukus selama 10 menit. 

Selanjutnya caara membuatnya adalah mencampurkan tepung ketan, garam, air kapur sirih, pasta pandan, dan air, yang kemudian mengaduknya hingga merata. Setelah itu adonan siap untuk dibentuk, ambilah 2 sendok, bentuklah bulat, lalu pipihkan, beri ½ sendok teh gula merah, lalu bulatkan kembali, sehingga gula merah yang tambahkan berada di dalam kue klepon. 

Langkah selanjutnya Kemudian siapkan panci dan didihkan air, masukkan bulatan yang sudah dibuat, masaklah sehingga mengapung. Jika Kue Klepon belum mengapung itu tandanya ke klepon blom matang. Dan jika kue klepon itu sudah mengapung itu tandanya kue klepon itu sudah matang. Angkat bulatan yang sudah mengapung, lalu gulingkan pada kelapa parut kukus sehingga kelapa parut tadi menempel pada kue klepon dengan rata. Kue  Klepon siap untuk kamu nikmati.

Itu dia makanan khas Indonesia kue klepon yang berbentuk bulat dan isi dan warnanya bisa anda kreasikan sendiri di rumah menjadi makanan yang sangat anda gemari. Baca juga artikel makanan lainnya di web saya ini. Mudah-mudahan dengan ini anda bisa membuat dan menikmati kue khas Indonesia yang sekarang sudah mulai langka, jangan lupa ya baca ya artikel yang lainnya juga. 

Komentar